Translate

Sabtu, 17 September 2011

Tata Aturan Laboratorium Geologi Dasar

SOP (Standar Operational Procedure)

1. Kehadiran

a. Praktikan dinyatakan berhak mengikuti Ujian Akhir Semester jika memenuhi syarat kehadiran sebesar 85% dari kehadiran maksimal.

b. Jumlah maksimal pertemuan 16 kali pertemuan (Praktikum(12 pertemuan), Responsi/ UTS (2 pertemuan), Kuliah Geologi Lapangan (2 Pertemuan).

c. Praktikan diharuskan hadir 15 menit sebelum Praktikum, Responsi, Kuliah Geologi Lapangan, UAS di mulai.

d. Jika terlambat 10 menit akan mendapatkan konskuensi dari asisten masing-masing.

e. Jika berhalangan/ tidak dapat mengikuti praktikum diwajibkan memberi keterangan secara tertulis kepada asisten (Surat Keterangan dari Doketer, Surat Keterangan dari Keluarga).

2. Tugas Praktikum

a. Tugas akan diberikan oleh asisten masing-masing setelah melaksanakan praktikum.

b. Jumlah tugas yang harus di lengkapi sebanyak 13 Tugas (Tugas Praktikum dan Kuliah Geologi Lapangan)

c. Tugas praktikum dikumpulkan kepada asisten masing-masing pada praktikum selanjutnya

d. Panduan penulisan tugas praktikum:

1.) Kertas A4 80 gram

2.) Ditulis tangan dengan tinta bewarna kecuali: Hitam dan Merah

3.) Format kertas: atas dan kanan 3 cm, bawah dan kiri 2.5 cm

4.) Spasi 1.5 pt, boleh dibantu dengan garis bantu.

5.) Contoh format kertas (Terlampir)

e. Tugas Praktikum di Lampirkan di Laporan Praktikum

f. Tugas Kuliah Geologi Lapangan dibuat dalam bentuk Laporan/Makalah

g. Sistemetika Penulisan Laporan KGL:

1.) Kertas A4 80 Gram

2.) Diketik computer dengan foromat: 1.5 pt, Time News Roman, 3,3,2.5,2.5

3.) Ketentuan yang harus ada:

· Halaman Judul (Cover)

· Kata Pengantar

· Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel, Daftar Lampiran

· BAB I : Pendahuluan (Latar Belakang, Maksud dan Tujuan)

· BAB II : Tinjauan Umum

· BAB III : Pembahasan

· BAB IV : Kesimpulan dan Saran

· Daftar Pustaka

· Lampiran

4.) Dijilid dalam bentuk Soft Cover dengan warna merah

5.) Ketentuan lebih lanjut akan dijelaskan sewaktu KGL

3. Laporan Praktikum

a. Laporan Praktikum dikerjakan setelah menyelesaikan praktikum pada masing-masing sub bab mata ajar praktikum geologi dasar.

b. Berikut ini daftar laporan praktikum yang harus dibuat

· Laporan I : Mineralogi

· Laporan II : Batuan Beku

· Laporan III : Batuan Sedimen

· Laporan IV : Batuan Metamorf

· Laporan V : Morfologi dan Sifat Kontur

· Laporan VI : Interpretasi Peta Topografi

· Laporan VII : Pengenalan Orientasi Medan dan GPS

· Laporan VII : Pengenalan Foto Udara/Citra Satelite

· Laporan VIII : Pengenalan Geologi Struktur

· Laporan IX : Pengenalan Kompas

· Laporan X : Pengenalan Peta Geologi

c. Panduan Laporan Praktikum Geologi Dasar

· Kertas A4 80 gram

· Ditulis tangan dengan tinta warna (kecuali hitam dan merah)

· Format kertas sama seperti format tugas praktikum

· Ketentuan yang harus ada

· Pembahasan materi yang di ajarkan pada setiap praktikum.

d. Laporan dikumpulkan pada praktikum selanjutnya.

4. Kuis

a. Kuis diadakan sebelum praktikum dimulai

b. Materi kuis berasal dari materi yang akan di praktikumkan pada pertemuan tersebut

c. Bagi praktikan yang nilai kuisnya dibawah 75 akan diberi tugas tambahan dari asisten

d. Tugas tambahan diatur secara tersendiri oleh asisten masing-masing

e. Tugas tambahan tidak dilampirkan di laporan.

5. Responsi

a. Responsi diadakan sebanyak 2 kali selama praktikum diadakan

b. Responsi I diadakan setelah menyelesaikan mata ajar praktikum Mineralogi – Metamorf

c. Responsi II diadakan setelah menyelesaikan mata ajar Morfologi dan sifat kontur – Pengenalan Peta Topografi

d. Responsi I dan Responsi II merupakan UTS (Ujian Tengah Semester).

6. Tugas Akhir

a. Tugas akhir dibuat dalam bentuk miniature atau prototype geologi dasar yang disertai essay singkat mengenai penjelasan miniature dan prototype yang dibuat.

b. Miniatur atau prototype akan dipresentasikan saat Ujian Akhir Semester diadakan

c. Miniatur atau prototype diusahakan dalam bentuk hidup (bergerak).

d. Miniatur dibuat perkelompok, 1 kelompok 5 orang ditentukan sendiri oleh praktikan.

7. Kuliah Geologi Lapangan

a. Kuliah Geologi Lapangan diadakan pada pertemuan ke 15 dan 16

b. Kuliah Geologi Lapangan diadakan minimal 2 hari maksimal 5 hari.

c. Ketentuan yang harus ada:

· Peninjauan Perusahaan Tambang (PT. BA, PT. Semen Batu Raja)

· Peninjauan Objek Geologi di Sumsel ( Singkapan, Lapisan, Pegunungan)

· Lay Out (Pagar Alam)

d. Konsepan KGL disiapkan oleh Praktikan dengan bimbingan Asisten diajukan ke Dosen Pembimbing

e. Seluruh pendanaan KGL di bebankan ke Praktikan.

download format tugas Geologi Dasar

Download SOP nya disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar